Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / Penyebab Hardisk Eksternal Tidak Terbaca Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Hardisk Eksternal Tidak Terbaca Dan Cara Mengatasinya
0 Komentar | Dibaca 195 kali

Berita Teknologi – Mengapa Hardisk External Tidak Bisa dibaca? Permasalahan ini dapat disebutkan paling ditakuti beberapa pemakai Hardisk External. Mengapa? Sebab sejumlah besar peranan Hardisk External rata-rata digunakan untuk kepentingan Backup Data.

Baca Juga : Sakitnya Kehilangan Data Harddisk

Kebayang kan jika datanya hilang? Saya sendiri menggunakan Hardisk External, untuk menaruh koleksi-koleksi File yang banyaknya sampai beberapa puluh ribu. Serta saya sempat juga alami permasalahan Hardisk yang saya gunakan itu mendadak tidak bisa dibaca. Akhirnya telah data jadi tidak dapat dibuka.

1. Pemicu Hardisk External Tidak Bisa Dibaca

  1. Windows Tidak Mengetahui Drive : Saat Hardisk disambung Windows dengan automatis akan langsung mengetahui serta membacanya. Lalu bagaimana jika tidak? Nah, mungkin ada permasalahan pada penataan skema.
  1. Kabel USB Memiliki masalah : Untuk menyambung Hardisk External diperlukan kabel USB. Dari sana manfaatnya ada dua, yaitu kabel data dan kabel daya. Jika diantaranya rusak dapat dampak ke lainnya.
  1. Casing Hardisk Longgar : Di dalam casing ada port SATA dengan converter ke USB. Dapat dipikirkan jika longgar? Automatis Hardisk tidak terdeteksi.
  1. Casing Hardisk Memiliki masalah : Lebih luas , bisa saja Casing Hardisknya yang memiliki masalah. Ini bisa berlangsung, khususnya bila Anda menggunakan Casing murah.
  1. Sebab Mati Listrik : Hardisk External mendadak tidak bisa dibaca sebab mati listrik? Ini dapat berlangsung, serta dapat membuat rusak permanen.
  1. Sebab Terjatuh : Hardisk ialah elemen yang benar-benar rawan dengan guncangan. Bila terjatuh ini dapat punya pengaruh membuat Drive jadi Bad Sector.
  1. Hardisknya Telah Berusia : Jika Hardisknya telah digunakan lebih dari 5 tahun, tidak bingung dong jika mendadak rusak? Lumrah kok.

2. Langkah Menangani Hardisk External Tidak Bisa Dibaca

Untuk langkah menanganinya gampang-gampang susah. Sebetulnya seandainya elemen Hardisk masih oke, karena itu Drive yang tidak terdeteksi dapat ditampilkan kembali. Saya sendiri pernah melakukan perbaikan Hardisk external Seagate tidak bisa dibaca. Hasilnya? Sukses! Serta waktu saya cek dengan Aplikasi monitoring Hardisk hasilnya normal.

Apa cara-caranya? Yuk dibaca :

1. Reinstall Driver Hardisk

Saat Hardisk disambung, Windows akan dengan automatis lakukan install Driver. Jika tidak, karena itu tidak ada Hardware yang tidak terdeteksi. Untuk beberapa Computer, permasalahan tidak meng-install Driver ini terkadang berlangsung. Tetapi Anda dapat menanganinya dengan beberapa langkah di bawah ini :

  • Click kanan Computer → Click Properties → Lalu membuka Piranti Manajer (Pada bagian kiri)
  • Mencari Driver bernama USB Attached SCSI (UAS) Mass Storage Piranti
  • Click kanan Piranti itu → Selanjutnya click Up-date Driver Software
  • Seterusnya click Browse My Computer For Driver Software
  • Lalu click Let Me Pick From A Daftar Of Piranti Drivers On My Computer
  • Yakinkan Show Compatible Hardware cuma tercentang pada USB Attached SCSI (UAS) Mass Storage Piranti
  • Jika telah click Next → Lalu install sampai usai
  • Kemudian silahkan restart Computer Anda. Lalu coba hubungkan kembali Hardisknya.

2. Mengatur Lagi Penataan Disk Management

Ini pernah saya kerjakan, mengendalikan lagi Disk Management untuk melakukan perbaikan Hardisk Seagate External yang tidak bisa dibaca sebelum pada akhirnya sukses. Faktanya sejumlah besar orang cuma lihat Hardisk bisa dibaca atau tidaknya melalui Drive. Walau sebenarnya bisa saja Drivenya memiliki masalah, serta cuma terdeteksi di Disk Management.

Cara-caranya benar-benar gampang :

  • Pada kolom Search Windows → Tulis Disk Management → Lalu membuka
  • Selanjutnya cek apa Hardisk Anda terdeteksi dari sana?
  • Jika ada → Click kanan Drivenya → Lalu click Delete Volume
  • Jika telah → Click kanan Drive hasil Format → Lalu click New Sederhana Volume
  • Turuti petunjuknya sampai usai. Untuk Format Drive pilih FAT32

PS : Langkah berikut akan hilangkan data-data tersimpan di Hardisk. Jadi silahkan pikirkan terlebih dulu.

3. Ubah Letter Pada Hardisk

Seperti yang didapati, waktu Hardisk terdeteksi oleh Windows, maka ada satu Letter (Huruf). Contohnya C: G: dan sebagainya. Di sini ada pula sedikit permasalahan, dimana Letter itu tidak tampil. Dampaknya Drive Hardisk jadi tidak terdeteksi.

Langkah Menanganinya semacam ini :

  • Pada kolom Search Windows → Tulis Disk Management → Lalu membuka
  • Pilih Drive Hardisk External yang sudah bisa dibaca → Lalu click Change Drive Letter And Path
  • Kemudian click Add atau Change untuk memberikan tambahan Letter
  • Turuti panduan yang diberi sampai usai

Jika telah, harusnya Drive Hardisk External yang tidak tampil akan kembali normal. Serta Anda dapat memakainya seperti biasa.

4. Geser Port USB

Di tiap Computer atau Laptop tentunya ada lebih dari satu port USB. Serta di sini harus didapati. Tiap Port itu kadang mempunyai kualitas penghantaran daya yang berlainan. Contoh sederhananya port USB sisi belakang Computer semakin bagus daripada port USB di casing.

Yang butuh dikerjakan di sini ialah pastikan jika Hardisk sudah terhubung ke Port yang benar. Jika butuh, pindah-pindah Portnya sampai bisa dibaca.

PS : Untuk Anda pemakai Hardisk External, janganlah lupa untuk menyambungkan kabel daya (Bila ada). Contohnya pada Hardisk 3.5 inch, umumnya ada kabel power spesial.

5. Kerjakan Low Level Format

Apakah itu Low Level Format? Secara singkat ini ialah satu proses Format yang diperuntukkan untuk bersihkan Data-data Hardisk sampai betul-betul 100% bersih. Tujuannya ialah semua File yang tersimpan, baik yang kelihatan atau tidak, File-file penataan skema pada Hardisk dan lain-lain semua akan hilang. Jadi beda dengan Format biasa.

Anda dapat coba gunakan HDD Low Level Format Alat :

  • Silahkan unduh terlebih dulu Aplikasinya di HDDGuru
  • Install serta membuka Aplikasinya (Jika pilih Portable langsung bisa membuka)
  • Silahkan pilih Hardisk External yang ada pada daftarnya
  • Selanjutnya Continue untuk mulai Format

Lama nggaknya bergantung dari kemampuan Hardisk dan sebegitu banyak data didalamnya. Jika telah umumnya Hardisk bisa saja normal kok.

6. Coba Ubah Kabel USB Casing

Jika mengaitkan keterangan pada point 4 barusan, kabel USB casing ini sangat-sangat penting peranannya untuk Hardisk External. Ada dua type kabel USB pada Kasus Hardisk :

  • USB to USB (Male)
  • Serta USB Tipe C ukuran tebal

Di sini dapat coba untuk mengubah kabel dari Casing Hardisk. Kadang cukup punya pengaruh, ditambah lagi jika memang kabelnya telah kurang bagus. Kabelnya sendiri (Harga) kira-kira 20 – 30 beberapa ribu. Dapat beli di Toko Computer atau Marketplace paling dekat.

7. Ubah Casing Hardisk

Ini umumnya seringkali saya anjurkan saat ada orang menanyakan mengapa Hardisk Eksternalnya tidak terdeteksi di Computer. Faktanya Casing ini ialah sisi yang penting, sama utamanya dengan kabel. Didalamnya ada Port SATA sekaligus juga Converter untuk mengubah ke USB.

Jika rusak, pastinya akan mengganggu manfaatnya.

Anda dapat coba memperhitungkan untuk menggantinya. Di Marketplace seperti Tokopedia ada lumayan banyak pilihannya, dari mulai harga 50 sampai yang relatif mahal (Jika saya pendapat mengambil yang cukup mahal saja).

8. Garansikan Hardisk

Jika belum dapat, baru dianjurkan untuk Garansi Hardisk. Sebab bisa saja Hardisknya yang telah rusak. Hardisk rusak di sini banyak sebabnya. Salah satunya terjatuh atau sebab listrik mati mendadak seperti yang saya katakan barusan.

Apa ada langkah untuk melakukan perbaikan Hardisk rusak? Jawabannya tidak jika sendiri. Tetapi bisa dengan mengubah part Hardisk yang rusak, dengan sisi dari Hardisk lain yang masih normal. Jadi tentu saja akan harus beli Hardisk kan? Habiskan ongkos, belumlah pasti dapat.

Karena itu di sini saya anjurkan untuk garansi. Umumnya kelak Hardisk akan langsung ditukar dengan unit baru yang masih normal. Jangan Lupa Baca Langkah Memeriksa Kesehatan Hardisk Dengan Tepat

Demikian langkah menangani Hardisk External yang tidak bisa dibaca. Wah dapat diambil kesimpulan di tempat ini ada beberapa hal yang butuh dicheck ya? Dari mulai penataan Drive, Driver, Letter, Write Zeros (Low Level Format) sampai mengubah Casing Hardisk.

Beberapa tips itu untuk sekarang ialah hanya satu yang dapat Anda coba. Faktanya memang Hardisk External yang tidak terdeteksi Laptop atau Computer ini permasalahan yang terkadang harus untung-untungan. Ditambah lagi jika Hardisknya telah rusak serta sampai harus garansi.

Nah, untungnya untuk beberapa Hardisk External yang pernah saya benahi, masih mudah kerusakannya. Cukup seting skema saja telah normal. Atau jika ada yang harus ditukar, paling cuma Casing atau kabelnya saja. Mudah-mudahan berguna ya.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Dede Sobirin

admin http://caramembuatwebsitepemula.com/
Daftar Artikel Terkait :  31
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0