Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Gadget

Beranda / Gadget / Tips Mengoptimalkan Baterai Android Agar Awet Seharian Bahkan Lebih
Tips Mengoptimalkan Baterai Android Agar Awet Seharian Bahkan Lebih
0 Komentar | Dibaca 132 kali

Teknologi Android – Pernah rasakan HP Android yang kamu pakai jadi boros serta cepat habis? Beberapa brand HP, seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, Asus serta merek yang lain tentu pernah merasakan deh. Lalu bagaimana langkah untuk menanganinya?

Baca Juga : Alasan Kenapa Android Nama Makanan Untuk Pengoperasiannya

Tidak butuh cemas! Kesempatan ini kami punyai langkah irit baterei Android yang bisa saja jalan keluar tepat persoalan kamu. Ditanggung tidak akan ada permasalahan baterei cepat habis!

Mungkin kamu bertanya-tanya, “Baterei HP Android telah memiliki besar, tetapi mengapa dapat boros serta cepat sekali habis ya?”. Nah permasalahan ini tidak hanya dirasa kamu saja. Karena itu supaya baterei Android kamu dapat semakin serta lebih irit, coba kerjakan beberapa cara berikut yuk.

1. Lihat Aplikasi yang Berjalan

Jumlahnya aplikasi yang dipakai jadi pemicu baterei smartphone jadi boros. Karena itu, sebaiknya kamu tetap lihat aplikasi berjalan yang diletakkan pada latar belakang. Bila setiap saat kamu merasakan baterei Android kamu cepat sekali habis, coba cek pemakaian baterei kamu dengan masuk menu Settings > Baterai > Baterai Usage.

Lihat aplikasi apa yang konsumsi baterei terbanyak, serta silahkan uninstall atau batasi pemakaiannya dengan arif.

2. Berhati-hati Install Aplikasi

Tetap lihat serta berhati-hati akan aplikasi yang kamu instal. Tetap baca baik-baik akses apa yang diperlukan oleh satu aplikasi di smartphone kamu. Beberapa aplikasi akan membuat baterei smartphone cepat habis sebab terus menerus lakukan ping tempat Android kamu.

Jadi, sebaiknya kurangi meng-install aplikasi yang memerlukan akses tempat kamu.

3. Disable Aplikasi Bawaan

Kenyataannya banyak vendor seringkali menyisipkan banyak bloatware pada smartphone besutannya. Terkecuali untuk barisan HP Android One yang memakai skema operasi murni, geng.

Untuk lebih irit baterei Android kamu, coba deh kamu disable bloatware dengan masuk Settings > Apps > Pilih Aplikasi > Disable.

4. Power Saving Model

Bila kebetulan smartphone kamu telah memakai skema operasi Android Lollipop, kamu dapat mengirit ketahanan baterei Android dengan masuk ke feature Power Saving Model. Pada model ini semua peranan smartphone yang konsumsi baterei kamu akan dibatasi, mulai dari kecerahan monitor, koneksi mobile, WiFi, sampai tempat.

Langkah masuk Power Saving Model dengan masuk Settings > Baterai > Baterai Saver pada penataan smartphone kamu. Untuk beberapa pemakai HP Samsung, kamu dapat juga masuk ke menu Ultra Power Saving Model yang akan sesuaikan penampilan untuk mengirit daya baterei.

5. Matikan Feature Smart Stay

Di umumnya smartphone Samsung ada feature Smart Stay. Feature ini akan membuat smartphone kamu masih menyala sepanjang kamu memandang layarnya. Tetapi tahukah kamu jika feature ini berimbas besar pada baterei Samsung Galaxy kamu? Intinya buruan cobain deh!

6. Go Grayscale!

Masih terkait dengan kamu yang hoby membaca, kamu dapat mengirit daya baterei smartphone Android dengan masuk ke penampilan Grayscale atau Dark Model. Feature ini akan membuat penampilan monitor Android kamu jadi terlihat abu-abu serta gelap, hingga kurangi mengonsumsi baterei.

Untuk semua HP Android, kamu dapat ikutin langkah pada artikel berikut deh: Irit Baterei! Ini Langkah Ganti HP Android Jadi Hitam-Putih.

7. Gelap Tidak Tetap Jahat

Topik gelap tidak tetap terkait kejahatan. Justru bermanfaat sekali bikin smartphone, ditambah lagi bila memakai monitor dengan panel AMOLED. Monitor AMOLED benar-benar lemah pada warna cerah seperti putih. Maka untuk dapat membuat baterei Android lebih awet, coba untuk memakai wallpaper memiliki nuansa gelap.

8. Jangan Pakai Live Wallpaper

Masih mengenai wallpaper, langkah mengirit ketahanan baterei Android setelah itu dengan menghindarkan pemakaian Live Wallpaper. Walau memang akan membuat penampilan smartphone kamu lebih hidup serta menarik, tetapi akan berimbas besar pada ketahanan baterei kamu

9. Ubah Launcher

Bila kamu jemu dengan penampilan smartphone Android kamu yang gitu-gitu saja, coba deh instal aplikasi launcher paling baik di smartphone kamu. Pemakaian launcher yang mudah akan menolong mengirit daya baterei lho!

10. Matikan Feature Motions and Gestures

Feature Motions and Gestures mempermudah kamu lakukan perintah cukup dengan gesture spesial pada layarnya, seperti ambil screenshot, atau meremehkan panggilan telephone. Tetapi semestinya matikan feature Motions and Gestures ini untuk mengirit baterei smartphone Android milikmu.

Toh kamu masih dapat memakai perintah lain untuk gantikan feature ini, kan?

11. Jauhi Wakelocks

Pernah dengar arti Deep Sleep? Ini ialah model waktu smartphone kamu hentikan semua kegiatan supaya baterei kamu jadi lebih irit. Pada Android Marshmallow, kamu akan gampang masuk ke model Deep Sleep melalui feature Doze.

Bersimpangan dengan Deep Sleep, ada kondisi dimana smartphone kamu diminta aktif oleh satu aplikasi, yang disebutkan Wakelocks. Untuk mengirit baterei HP Android kamu, semestinya aplikasi yang mengakibatkan Wakelocks ini kamu jauhi atau dibikin masuk model hibernasi dengan memakai aplikasi seperti Greenify.

12. Tweak WiFi

Beberapa smartphone Samsung Galaxy paling baru ditata supaya aktif cari jaringan WiFi. Jadi demikian ada jaringan WiFi yang ada, akan langsung tersambung. Supaya baterei smartphone Samsung Galaxy kamu lebih lebih irit, semestinya kamu mengatur supaya WiFi kamu lakukan scanning cuma waktu diaktifkan saja.

Triknya dengan masuk Settings > WiFi > More > Always allow scanning > Scan only while WiFi is On.

13. Matikan Feature Briefing

Tidak hanya isinya yang terkadang tidak sesuai hasrat, feature Briefing menyebabkan besar pada menyusutnya baterei kamu. Sebab setiap saat kamu buka feature ini waktu dengan tidak menyengaja tergeser, karena itu dengan automatis Briefing ini akan lakukan penyelarasan data.

Untuk irit baterei smartphone Samsung kamu, semestinya kamu bikin feature ini Off. Kamu dapat memakai aplikasi BaBe – Baca Berita untuk membaca berita paling baru.

14. Jauhi Auto Brightness

Walau akan mempermudah kamu untuk lihat monitor dengan nyaman di beberapa lingkungan, tetapi feature Auto Brightness menyebabkan fatal pada baterei smartphone. Untuk dapat irit baterei Android kamu, semestinya matikan feature Auto Brightness serta mengatur kecerahan monitor dengan manual saja.

15. Pakai Charger Orisinal

Pemakaian charger orisinal setiap saat isi lagi baterei HP Android kamu benar-benar punya pengaruh besar pada usia baterainya. Karena itu jangan malas selalu untuk bawa charger orisinal smartphone kamu waktu jalan.

Baca Juga : Perkembangan Sejarah Android

Nah itu ia kelompok langkah irit baterei Android yang langsung bisa kamu coba jika punyai HP yang baterainya cepat habis. Dengan beberapa langkah gampang, serta tanpa ada membutuhkan akses root ada smartphone kamu, kan? Selamat coba serta mudah-mudahan sukses ya!

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Awi Muliadi

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  2
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0