Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Prestasi Sekolah

Beranda / Prestasi Sekolah / Keren dan Canggih, Pemilihan Ketua OSIS MTs YASPI Al-Falah Cibeber Gunakan E-Voting
Keren dan Canggih, Pemilihan Ketua OSIS MTs YASPI Al-Falah Cibeber Gunakan E-Voting
0 Komentar | Dibaca 20538 kali
AYI ROHMAH @rohmah8t
18 January 2020

Cianjur-Perkembangan teknologi saat ini turut dimanfaatkan beberapa sekolah di Indonesia pada pelaksanaan pemilihan Ketua Osis (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dengan menggunakan pemilihan secara elektronik atau E-Voting. Seperti yang dilakukan MTs YASPI Al-Falah Cibeber menggelar pemilihan Ketua Osis berbasis elektronik voting (e-voting), Kamis (9/01/2020).

Pemilihan Ketua Osis dengan sistem tersebut, berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini, pemilihan Ketua OSIS periode 2019-2020 diikuti seluruh siswa, semua warga sekolah, TU, dan Staf.
Pemilihan dimulai pukul 07.30. Siswa datang dicek namanya per kelas. Lalu mengambil kartu pemilih di petugas KPO (Komisi Pemilihan OSIS). Kemudian masuk bilik komputer untuk memilih Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS sesuai hati nuraninya. Proses pemilihan berjalan cukup singkat. Karena hanya butuh waktu antara 1-3 menit. Di dalam bilik, pemilih hanya cukup memasukan nomor pemilih dan mengklik nama yang akan dipilih.
Setelah siswa dan guru melakukan pemilihan di bilik suara dengan cara e-voting tersebut, sehabis melilih jari manisnya dicelupkan ke tinta sebagai tanda sudah memilih.
Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan Zenal Mutaqin, S.Pd.I. mengatakan, pemilihan diikuti sekitar 425 pemilih, yang terdiri atas siswa, guru, TU, staf, dan Bapak Satpam. Sekolah memfasilitasi pengadaan laptop sebagai sarana memilih.
Penerapan e-voting juga melatih siswa memilih secara Luber, Jurdil sesuai pilihan masing-masing. Penerapan e-voting ini, selain praktis juga menghemat waktu dan menghindari kecurangan. “Kita mencoba untuk memulai e-voting. Ternyata jauh lebih ringkas dan irit biaya. Dan mengajari literasi teknologi secara tidak langsung kepada warga sekolah,” cetusnya.
Sebelum pemilihan Pilketos (Pemilihan Ketua Osis) diadakan simulasi bagi para petugas pemilihan, semua siswa, guru staf dan warga sekolah lainnya.
Ada 3 Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS, yaitu Samsiah dan Aulia Sahara, Siti Hanifah dan Dira Armania serta Amani Sabila dan Muhammad Rifqi Al-Muhsi. Setelah memilih, di laptop server secara langsung akan muncul hasil perhitungan dalam bentuk tabulasi presentase, diagram, grafik maupun angka. Setiap kali di-refresh data yang masuk akan otomatis terhitung.
Server e-voting dibuat oleh Guru Mata Pelajaran TIK, Mulki Firmansyah. Dengan penggunaan e-voting ini siswa senang karena ringkas. Tidak perlu menghitung manual suara sah. Semua suara masuk sah. Cepat prosesnya. Langsung bisa diketahui hasilnya. alias super quick count. Tidak banyak biaya. Dan untuk yang belum pernah pegang komputer jadi tahu.
Dalam pemilihaan ini terpilihlah Ketua dan Wakil Ketua OSIS baru dengan perolehan suara yang sangat ketat. Dengan perolehan suara Paslon 1: Samsiah dan Aulia Sahara: 62 Suara. Paslon 2: Siti Hanifah dan Dira Armania: 66 Suara. Dan Paslon 3: Amani Sabila dan Muhammad Rifqi Al-Muhsi :167 Suara. Dengan demikian Paslon 3 atas nama Amani Sabila dan Muhammad Rifqi Al-Muhsi menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS MTS YASPI Al-Falah Cibeber Masa Bhakti 2019/2020.
Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Obat Herpes

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  4
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0