Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Madrasahnya Calon Bos dan Juragan, MTs TTQ Cilacap Rutin menyelenggarakan Market Day sebagai Upaya Menumbuhkembangkan Jiwa Kewirausahaan Siswa
Madrasahnya Calon Bos dan Juragan, MTs TTQ Cilacap Rutin menyelenggarakan Market Day sebagai Upaya Menumbuhkembangkan Jiwa Kewirausahaan Siswa
0 Komentar | Dibaca 287 kali

Sebagai madrasah yang berada di tengah perkotaan Kota Cilacap, MTs TTQ Cilacap senantiasa melakukan inovasi-inovasi untuk memberikan kemampuan atau skill yang dimiliki oleh siswa-siswinya. Di samping mendidik dalam prestasi akademik, madrasah ini juga melatih siswanya dalam bidang kewirausahaan. Karena kewirausahaan di era sekarang ini, apalagi dalam kondisi pandemic Covid 19, menuntut setiap orang untuk dapat bertahan dalam kondisi ekonomi yang tidak menentu. Dan skill kewirausahaan menjadi sebuah keniscayaan untuk dimiliki oleh setiap orang.

market-day-mts-ttq-cilacap

Market Day MTs TTQ Cilacap

Untuk menumbuhkan dan mengembangkan skill kewirausahaan ini, MTs TTQ Cilacap melaksanakan sebuah kegiatan untuk melatih kemampuan siswa-siswinya dalam dunia kewirausahaan, yaitu dengan melaksanakan sebuah kegiatan “Market Day”. Kegiatan Market Day ini merupakan kegiatan yang terintegrasi dengan salah satu pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan yang diajarkan di MTs TTQ Cilacap. Kegiatan Market Day MTs TTQ Cilacap dilaksanakan setiap satu semester sekali, atau paling tidak minimal satu tahun sekali.

Suasana di salah satu stand Market Day MTs TTQ Cilacap

Kegiatan Market Day ini diikuti oleh seluruh siswa MTS TTQ Cilacap dengan membuat sebuah perencanaan usaha, baik dalam bentuk berdagang makanan, souvenir atau yang lainnya. Perencanaan disusun oleh siswa siswi dengan bimbingan dari guru mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Perencanaan yang dibuat oleh siswa meliputi rencana kegiatan usaha yang akan dijalankan, keperluan biaya, dan cara pemasarannya hingga pelaksanaan marketing di lapangan. Semua kegiatan itu dibimbing langsung oleh Guru Mata pelajaran prakarya dan Kewirausahaan MTs TTQ Cilacap.

Pada tahun ini, kegiatan Market Day di MTs TTQ Cilacap dilaksanakan pada Rabu 9 Pebruari 2022 selama satu hari penuh. Dalam kegiatan ini, terdapat 12 stand siswa yang menjajakan barang dagangannya yang didominasi oleh produk kuliner khas Kota Cilacap.

Dalam pelaksanaan Market Day ini, Guru prakarya memantau secara langsung apa saja yang dilakukan siswa dalam stand kelompoknya, dan sekaligus melakukan penilaian untuk mata pelajaran terkait. Sementara guru dan karyawan madrasah yang lainnya akan mendukung kegiatan ini sebagai para pembeli barang-barang dagangan siswa-siswinya. Lihat Video Market Day MTs TTQ Cilacap.

Setelah kegiatan market Day selesai, maka tugas siswa berikutnya adalah membuat laporan tertulis dari kegiatan yang telah dilakukannya. Laporan berisi tentang pelaksanaan dan egvaluasi kegiatan yang telah berlangsung hingga rekapitulasi hasil penjualan yang telah dilakukan selama kegiatan Market Day berlangsung. Dan hasilnya ternyata luar biasa, dari laporan yang disusun siswa, mereka mendapatkan keuntungan lebih dari 50 % dari total modal usaha mereka dalam satu hari. Hal ini tentu sangat bagus mengingat ini hanya untuk latihan, namun mereka sudah dapat merencanakan, melaksanakan dan membuat evaluasi, hingga memperoleh hasil laba keuntungan secara materi.

Dengan adanya kegiatan market day ini, diharapkan apa yang telah dipelajari siswa dari kegiatan ini, nantinya akan dapat diterapkan dalam kehidupan nyata selepas mereka lulus dari sekolah. Sehingga mereka mampu memiliki dan menciptakan lapangan pekerjaan, siswa madrasah bukan lagi sebagi pencari pekerjaan, tapi sudah naik levelnya menjadi para pengusaha dan Bos-bos baru yang memberi warna pada kancah perekonomian masyarakat.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

KesiniJa

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0