Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Otomotif

Beranda / Otomotif / Manfaat Dari Spooring dan Balancing
Manfaat Dari Spooring dan Balancing
0 Komentar | Dibaca 47 kali

Spooring dan Balancing adalah dua jenis perawatan mobil yang dilakukan untuk mengatasi masalah pada roda dan steering. Spooring mobil adalah proses untuk menyeimbangkan atau menyelaraskan roda-roda mobil yang tidak sejajar. Sedangkan balancing adalah proses lanjutan dari spooring, balancing mobil adalah proses penyeimbangan kombinasi berat ban dengan velg agar putaran roda lurus.

Tanda Mobil Perlu Spooring dan Balancing

Sebenarnya spooring dan balancing merupakan salah satu bagian yang juga dilakukan setiap servis rutin mobil. Akan tetapi pada kondisi tertentu, anda perlu membawa ke bengkel dan melakukan spooring dan balancing secara terpisah dari jadwal servis rutin.

Kondisi tertentu yang dimaksud adalah ketika mobil baru saja digunakan untuk berkendara pada jalanan yang rusak parah. Karena kondisi jalan yang seperti itu bisa saja membuat ban tidak lagi lurus. Selain itu, beberapa kondisi berikut juga mengharuskan anda melakukan spooring dan balancing:

  • Setir bergetar saat berkendara di kecepatan tinggi
  • Mobil terasa berbelok sendiri padahal kondisi setir lurus
  • Pada saat parkir di area datar, posisi ban tidak bisa lurus
  • Saat mobil dibelokan, setir kurang responsif bahkan tidak mau kembali ke posisi semula setelah belok

Jika beberapa tanda di atas mulai terasa, maka ada baiknya untuk anda segera melakukan spooring dan balancing.

Manfaat Spooring dan Balancing pada mobil

Selain untuk mengatasi masalah yang sudah ditulis di atas, dengan melakukan spooring dan balancing pada mobil, anda juga akan merasakan beberapa manfaat. Salah satunya adalah semakin hemat bahan bakar. Bagaimana bisa? Dengan melakukan spooring dan balancing, berkendara semakin lebih nyaman karena posisi roda lurus dan mesin tidak perlu bekerja ekstra dalam melaju. Karena hal itulah maka bahan bakar yang digunakan oleh mesin juga akan lebih hemat.

Selain bisa lebih irit, manfaat spooring dan balancing pada mobil adalah membuat kemudi lebih stabil, posisi kemudi bisa kembali lurus setelah berbelok, menjaga keawetan kaki-kaki mobil, dan juga menghindari keausan yang tidak merata pada ban. Semua manfaat tersebut pada akhirnya akan membuat anda lebih hemat pengeluaran.

Biaya Spooring dan Balancing pada mobil

Dalam melakukan spooring dan balancing, biasanya teknisi mobil akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Ada 2 pemeriksaan yang perlu dilakukan yaitu pemeriksaan kaki-kaki dan juga pemeriksaan ban. Oleh karena itu, biaya spooring dan balancing mobil tentu saja akan berbeda di tiap bengkel dan juga tergantung pada jenis mobil. 

Namun rata-rata biaya spooring dan balancing mobil adalah sekitar Rp 200.000 sampai Rp 700.000. Harga tersebut bisa saja lebih mahal lagi jika ada komponen atau sparepart yang perlu diganti. Biaya tersebut tentunya lebih murah jika dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan jika terjadi kerusakan yang lebih parah akibat mobil tidak pernah spooring dan balancing.

Itu dia sekilas informasi mengenai manfaat spooring dan balancing pada mobil. Jika anda merasakan ada masalah seperti yang sudah ditulis di atas, maka sebaiknya anda segera membawa ke bengkel untuk melakukan spooring dan balancing. Namun jika tidak ada masalah tersebut, maka spooring dan balancing baiknya tetap dilakukan setiap 20.000 KM agar performa mobil tetap baik. Jika membutuhkan jasa inspeksi mobil bekas klik DI SINI

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

gtyhujkiollo

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0