Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Otomotif

Beranda / Otomotif / Penyebab Tangki Bensin Kena Karat
Penyebab Tangki Bensin Kena Karat
0 Komentar | Dibaca 20 kali

Punya mobil bukan sekedar mengendarai dan beli bensin saja, namun juga perlu adanya perawatan yang rutin. Kalau hanya perawatan seperti mencuci saja itu sudah baik, alangkah lebih baiknya dilakukan pengecekan di beberapa tempat. Seperti pengecekan kerak yang ada di sisi tangki mobil. Pasalnya kalau tangki mobil berkerak atau berkarat, ini bisa membuat bensin yang ada berkurang kualitasnya.

Karat yang ada di tangki bensin bisa membuat ruang penyimpanan bbm tidak bisa menyimpan bensin dengan optimal. Kadang terdengar sepele nih hal ini, namun tangki bensin mobil yang berkarat ini bisa berpengaruh terhadap proses pembakaran dari mesin mobil itu sendiri.

Tangki salah satu bagian terpenting di mobil, pasalnya mobil perlu adanya penyimpanan bahan bakar, dan itu hanya ada di tangki. Karena tangki ini bagian yang berhubungan dengan zat khusus dari bahan bakar dan juga udara secara langsung, tangki mobil berpotensi rentan rusak dan timbul karat.

Sebetulnya ada beberapa penyebab dari tangki bensin ini berkarat, simak beberapa penyebabnya di bawah ini.

1. Rate bensin yang digunakan.
Pertama ada dari sisi kualitas bahan bakar itu sendiri, penyebab utama yang sering menjadi kendala adalah kualitas bbm yang dipakai. Andainya kita membeli bensin terkesan asal malah membuat mesin mobil dan pembakaran mobil jadi kurang baik. Faktanya kualitas dari bahan bakar ini juga berpengaruh langsung pada kondisi dari tangki mobil itu sendiri. BBM yang kualitasnya ini biasanya mengandung zat dan partikel yang malah mempercepat terjadinya korosi. Ditambah lagi kalau bensin yang dibeli tidak sesuai dengan oktan yang disarankan, malah membuat konsumsi bbm jadi lebih tidak efisien.

2. Kondisi tangki.
Dalam satu periode tertentu, tangki mobil kita itu sebaiknya dibersihkan secara rutin. Karena tidak menutup kemungkinan akan ada kotoran dan partikel lainnya dalam bensin yang masuk ke dalam tangki. Kotoran dan partikel lainnya itu bisa membuat saluran tangki bensin mobil terhambat serta bisa mengakibatkan korosi. Kalau tidak dirawat akan menyebabkan area dinding tangki mobil cepat atau rawan rusak.

3. Tangki sering kosong.
Mungkin bagi orang awam kedengarannya membingungkan, kok tangki yang kosong malah bisa membuat karat ya. Beigini, proses pembakaran di sistem bahan bakar itu menggunakan udara sebagai komponen pemicu pembakarannya. Ketika kita membiarkan tangki ini kosong, dalam jangka waktu tertentu, maka ruang tadi akan diisi oleh udara yang membawa uap air. Lalu lama kelamaan uap ini berubah jadi embun dan nempel di dinding tangki mobil sehingga muncul karat.

Kesimpulan:
Itulah beberapa point penting yang sering menjadi pemicu dari tangki mobil bisa berkarat. Hal ini berbahaya kalau kita ingin membeli mobil bekas. Pastikan tanyakan pada penjual mobil yang Anda datangi atau showroom yang Anda datangi adalah mobil yang siap digunakan. Memang proses pembersihan tangki perlu adanya treatment di bengkel namun ini bisa dilakukan dengan mudah ke bengkel. Namun yang sulit adalah menemukan mobil yang bebas tabrak dan bebas banjir.

Untuk itulah perlu menggunakan jasa inspeksi mobil bekas yang independen. Inspeksi Mobil ini penting mengingat tidak banyak orang yang mengerti akan hal otomotif dan bisa mendapatkan mobil yang terbaik. Jasa inspeksi mobil bekas Otospector bisa diandalkan untuk Anda.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

BOEDI SANTOSA, S.Pd.I

Seorang Guru Non PNS, tapi tetap semangat mengabdi dan mencerdaskan anak bangsa
Daftar Artikel Terkait :  8
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0