Tutorial DasarSIAP Wacana

Beranda / Syarat dan Ketentuan
Syarat dan Ketentuan
0 Komentar | Dibaca 6584 kali
Teguh Dwicaksana @dheche
07 February 2014

SIAP Wacana adalah sebuah situs web (website) yang menampung konten yang dapat diunggah oleh setiap orang yang sudah terdaftar sebagai anggota SIAP Wacana. Pengguna SIAP Wacana diberi kebebasan untuk mengemukakan, mengekspresikan, serta menyampaikan berbagai gagasan, pendapat, ulasan, ataupun tanggapan, sepanjang dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku di Indonesia.

Pembaca dan Pengguna SIAP Wacana wajib membaca Syarat dan Ketentuan SIAP Wacana secara cermat. Dengan mengakses dan atau melakukan registrasi di SIAP Komunitas dimana akan otomatis terdaftar di layanan SIAP Wacana, pengguna menyatakan setuju untuk terikat dengan syarat dan ketentuan yang berlaku serta kebijakan mengenai perubahan atau perbaikan syarat dan ketentuan SIAP Wacana di kemudian hari. Pengguna dipersilakan untuk tidak mengakses dan menggunakan situs ini jika tidak setuju untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan SIAP Wacana.

Berikut Definisi umum dari istilah-istilah yang dipergunakan dalam Syarat dan Ketentuan SIAP Wacana:

  1. SIAP Wacana (http://wacana.siap.web.id) adalah situs Internet yang seluruh kontennya berasal dari dan dikelola oleh pengguna Internet (atau lazim disebut User Generated-Content). Dalam kapasitas tersebut, SIAP Wacana adalah Media Warga yang berada di bawah naungan Telkom SIAP Online.

  2. Pembaca adalah setiap pribadi yang mengakses situs SIAP Wacana. Pembaca tidak memiliki akun di SIAP Wacana, oleh karenanya tidak bisa menempatkan konten apapun, termasuk komentar dan peringkat (rating), di SIAP Wacana. Pembaca tidak memiliki akses ke fitur dan layanan SIAP Wacana.

  3. Penulis Wacana adalah sebutan bagi Pengguna SIAP Wacana, pengguna Internet yang melakukan registrasi SIAP Komunitas, dan selanjutnya memiliki akun SIAP Wacana dengan alamat http://siapku.com/#!/user/<username>. Penulis Wacana memperoleh akses untuk menggunakan fitur dan layanan SIAP Wacana.

  4. Administrator (selanjutnya disebut Admin) adalah pihak yang memiliki akses untuk memoderasi dan mengelola konten. Admin bertugas memantau konten, mengelola tulisan yang masuk, dan menjalin komunikasi dengan para anggota. Admin memiliki hak menghapus Konten yang melanggar ketentuan, menyunting konten, mengatur waktu penayangan konten, melayangkan peringatan, dan memblokir akun.

  5. Konten adalah materi yang ditempatkan (posted) ke dalam sistem dan atau ditayangkan (published) di situs SIAP Wacana, terdiri dari tulisan, file foto dan bentuk grafik 2 dimensi lainnya, video, dan audio, serta komentar. Konten juga termasuk materi yang diunduh (uploaded), ditautkan (linked) atau dilekatkan (embed) ke dalam materi yang ditayangkan di SIAP Wacana.

KETENTUAN LAYANAN

Layanan dan akses menuju situs SIAP Wacana tersedia untuk umum. SIAP Wacana berhak mengubah atau menarik layanan dan akses tersebut dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. SIAP Wacana juga tidak bertanggung jawab untuk dan atas alasan apapun jika pada suatu saat dan dalam jangka waktu tertentu, pengguna tidak dapat mengakses situs SIAP Wacana dari lokasi tertentu. Dari waktu ke waktu, SIAP Wacana dapat membatasi pengguna terdaftar untuk mengakses layanan di situs SIAP Wacana.

  1. Fitur dan Layanan SIAP Wacana hanya bisa digunakan oleh Penulis Wacana. Setelah mendaftar, setiap Penulis Wacana terikat oleh seluruh ketentuan yang tercantum dalam Syarat dan Ketentuan SIAP Wacana.

  2. Setiap pihak bisa mendaftar dan mendapatkan akun SIAP Wacana. Registrasi SIAP Wacana menggunakan “Single Sign On”, sistem yang mengizinkan pengguna untuk mengakses semua layanan tak berbayar yang disediakan siapku.com setelah registrasi awal. Penggunaan layanan siapku.com lainnya diatur terpisah dari Syarat dan Ketentuan ini.

  3. Saat mendaftar, Penulis Wacana memasukkan identitas dan data diri dengan mengacu pada ketentuan berikut:

    1. Melengkapi identitas akun dengan biodata dan foto profil.

    2. Menghindari penggunaan dan penayangan gambar/foto orang lain atau tokoh tertentu. Apabila ada klaim atau tuntutan hukum dari pemilik atau subyek asli foto/gambar, SIAP Wacana berhak menghapus foto profil tersebut tanpa peringatan sebelumnya.

    3. SIAP Wacana menyediakan mekanisme Anggota Terverifikasi (Verified Member) untuk Penulis Wacana yang ingin mengajukan verifikasi akun pribadinya.

  4. Setelah memiliki akun di SIAP Wacana, Penulis Wacana dapat:

    1. Menempatkan dan atau menayangkan Konten yang tidak melanggar Ketentuan Konten.

    2. Memberi komentar, peringkat, dan berbagi Konten ke berbagai situs Media Sosial (Social Media).

    3. Mengelola Konten yang telah dimasukkan dan ditayangkan melalui fitur pengelolaan yang tersedia.

    4. Menjalin pertemanan dengan sesama Penulis Wacana di komunitas SIAPKu.

    5. Berkirim pesan dengan sesama Penulis Wacana melalui SIAPKu.

    6. Melaporkan Tulisan dan atau Akun yang dini